Home » » Usaha Pemancingan

Usaha Pemancingan


Memancing adalah campuran antara olahraga dan rekreasi. Animo masyarakat Indonesia akan olahraga memancing ini sangat tinggi bahkan meningkat dari tahun ke tahun maka peluang usaha kolam pemancingan ikan ini sangat terbuka lebar untuk mendapatkan untung besar dan cepat. Banyak sekali sisi positif dari kolam pemancingan ikan bila dikelola dengan benar akan tetapi seperti biasa dimana ada peluang disitu pula terdapat tantangan. Salah satu hal yang dapat dilihat sebagai peluang adalah kebanyakan bisnis kolam pemancingan ikan belumlah dikelola secara profesional dengan sistem manajemen modern. Banyak sekali kolam pemancingan ikan yang hanya berupa kolam dan plank nama padahal apabila kita ingin berbisnis yang baik dengan strategi jangka panjang hingga bisa diwariskan kepada anak cucu, program branding, marketing dan corporate identity sangatlah penting dilakukan.

Kolam Pemancingan Ikan Lele
Bisnis kolam pemancingan ikan apabila ditekuni dengan baik dan benar tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni bila ingin jadi pengusaha sukses yang gaul. Bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan (bahkan ibu rumah tangga dan wanita muda), bukan saja untuk para penghobi memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya dengan kata lain mudah dan gampang serta sederhana. Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.
Bila kita bisa melihat peluang usaha dan prospeknya, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Pengelolaan bisnis ini relatif cukup mudah. Kegiatan memancing banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar olahraga memancing, keluarga yang butuh rekreasi, mahasiswa, pekerja kantoran, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.

Untuk memulai sebuah bisnis pemancingan ini maka yang harus disiapkan adalah anda harus memiliki tempat usaha yang cukup luas dengan cukup banyak pohon agar para pemancing dan keluarganya tidak kepanasan. Anda dapat melakukan kerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem sewa dan bagi hasil atau yang lebih dikenal dengan sistem paro. Lokasi bila ingin memulai bisnis ini juga haruslah mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita sehingga tidak perlu bersusah payah apabila mereka ingin memancing ikan. Strategi lain yang dapat diambil adalah dengan membeli kolam jadi ataupun anda bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka anda dapat mulai mengisi bibit ikan antara lain ikan lele, bawal, gurame, patin ataupun nila.

Bila anda ingin cepat memulai dan cepat sukses maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen dengan cepat namun untuk ini diperlukan modal yang lebih besar dan banyak, apabila ingin memulai dengan modal pas-pasan maka bisnis ini harus dimulai dari bibit ikan. Untuk kelangsungan usaha maka anda memerlukan karyawan antara lain untuk penjaga dan perawat kolam dan bila anda mengembangkan usaha tersebut dengan rumah makan maka tentunya anda perlu koki dan pelayan sehingga terjadi yang namanya bisnis simbiosis mutualisme.

Dari sini bisa dilihat bahwa modal usaha bisnis kolam pemancingan ikan ini sangatlah sedikit seperti biaya pembuatan kolam, sewa lahan, bibit ikan dan biaya marketing agar cepat dikenal oleh berbagai kalangan yang biasanya meliputi pembuatan logo, brosur, billboard, sign board yang berisikan logo kita hingga baju asisten pancing yang juga berisikan logo. Dengan melakukan hal tersebut maka anda sudah menerapkan sistem manajemen modern dengan program marketing dan branding yang yahud.

Belajar Kiat Sukses dan Inovasi Kolam Pemancingan
Dengan tempat yang nyaman pemancing datang untuk menyalurkan hobinya sehingga bila ingin memulai bisnis pemancingan disini sudah bisa dipastikan biaya marketing, promosi dan branding akan cukup rendah karena para pemancing akan datang dengan sendirinya.
Selain memancing langsung di alam, Anda membuat kolam pemancingan yang dikhususkan untuk keluarga. Di tempat pemancingan peluang mendapat ikan lebih besar sehingga para pemancing akan tertarik untuk memancing bersama keluarganya terutama bila dilokasi tersebut disediakan dapur atau alat memasak hingga ikan dapat langsung dimasak dan disantap bersama keluarga. Di lokasi pemancingan keluarga, Anda juga dapat mebuat kursus kilat yang mengajarkan cara memancing pada anak-anak yang masih kecil.
Ikan yang dibudidayakan di Godong Ijo adalah ikan lele, gurame. Sakan fishing melakukan inovasi bisnis untuk mengundang para pemancing melakukan word of mouths marketing yang lagi populer dengan menerapkan ada tiga jenis sistem memancing, yaitu
  1. Memancing sistem kiloan
  2. Memancing sistem tarikan
  3. Memancing sistem jackpot.
Memancing Sistem Kiloan
Untuk memancing kiloan, setiap pemancing harus membeli setiap ikan yang terpancing dengan harga Rp 20.000 sampai Rp 40.000 per kilogram.
Memancing Sitem Tarikan
Untuk memancing tarikan, setiap alat pancing atau joran dikenai tarif Rp 60.000 per empat jam. Ikan yang didapat boleh dilepas lagi dan tidak perlu dibeli.
Memancing Sistem Jackpot
Memancing jackpot hampir seperti memancing tarikan, tetapi difokuskan untuk mengejar ikan yang beratnya di atas lima kilogram. Dengan tarif Rp 100.000 per empat jam, pemancing berhak dapat hadiah Rp 116.000 jika memperoleh ikan di atas lima kilogram alias jackpot.






Ukuran kolam ini tidak perlu lebar terlalu lebar tidak di sukai di samping akan menyulitkan pemancing  ikan banyak yang tersisa di kolam sehingga merugikan pemancing itu sendiri.

UKURAN
Bisa menggunakan ukuran 6m x 10m atau 7m x11 m dengan ukuran ini kolam sudah bisa untuk menampung  30 s/d 40 orang untuk kedalaman  KOLAM 120cm s/d 150cm sedangkam kedalaman AIR 70cm s/d 90cm.


CARA MEBUAT KOLAM
Cara membuat kolam ini berfariasi tergantung dan melihat lokasinya masing-masing  sebab setelah menjadi galian dengan ukuran di atas ada kalanya tanah tsb tidak longsor dan setelah di isi airnya pun tidak habis.

maka kolam tsb langsung sudah bisa di pakai kan lumayan  menghemat biaya sebab dengan PENGALAMAN PENULIS ada kolam yang bentuknya seperti di atas samping kiri kanan hanya di dek dengan anyaman bambu toh yang mancing tetap banyak.

Tetapi kalau digali dan tanahnya longsor atau di isi air  airnya gak bisa nyimpan maka kita harus memasang dek keliling dengan bata ya ini memang lebih praksis dan permanen tapi biayanya agak banyak.

Kolam dengan ukuran 6m x10 dengan kedalaman130 cm memerlukan bata sekitar 3000 s/d4000 bj ini sudah ter masuk patlah bawah.

  • Bata 4000 x 630                          = Rp2.520.000
  • Semen 20 sak x 50 000                = Rp1.000.000
  • Pasir 1 rit                                     = Rp  850.000
  • Ongkos 3 x 75rb x 10 hr              = Rp 2.250.000
  •  Ongkos gali tanah 4 x 60rbx10hr =Rp 2.400.000 
………………………………………..
Jumlah = RP 9 020 000,.

Alat-alat dan perlengkapan yang lain
Disel air second                              =Rp   800.000
Tiang Pralon 4D  8 x 40                  =Rp   320.000
kolam tempat lele 2x3                     =Rp 1.000.000
1 timbangan                                     =Rp  125.000
Tempat duduk dari bambu               =Rp   200 000
Ikan lele100 kg                               =Rp 1.600.000
Atap seng  28 x 40rb                      =Rp 1.120.000
Jaring                                             =Rp.      50.000
…………………………………………………..
JUMLAH                                        =RP 5.215.000


Jadi total semua Rp 9.020.000 + Rp 5.215.000 = Rp 14.235.000 (maaf ini hitungan kasar bisa kurang bisa lebih).

LOKASI KOLAM
  • Di halaman samping rumah.
  • Di kebun belakang rumah.
  • Di kebun kosong (tidak harus di pinggir jalan raya).

Kalau lokasinya ada di belakang rumah cukup dengan tulisan KOLAM PANCING gambar panah.

Hobi memancing ikan hari kian marak dan tidak pernah berhenti karena memang hobi yang satu ini sangat mengasikkan dan menyenangkan.

Peminatnya sangat luas dari kalangan anak-anak sampai dewasa  untuk menyalurkan hobi yang satu ini hingga tak mengenal waktu dan tempat, di mana ada tempat untuk bisa kita pancing  di situpula menyalurkan hobinya




Memancing  Lele dengan Sistim WOUL
Caranya adalah memancing ikan lele secara bersama-sama yang dilakukan di kolam pemancingan. Biasanya di lakukan dengan 10 orang sampai 25 atau lebih mula mula dari sekian orang yang ada mengadakan suatu kesepakatan untuk mengumpulkan dananya yang akan di gunakan untuk membeli ikan lele atau bisa di sebut urunan misalnya urunan Sepuluh ribu per orang dan jumlah pemancingnya ada 20 orang sama dengan terkumpul uang sejumlah RP 10 000 X 20=RP 200 000,.

Uang RP 200 000,  Dibelikan ikan lele ke pada pemilik kolam kalau harga ikan lele per kilonya RP 18 000 maka akan mendapat 11 kg ikan lele

Ikan lele dengan berat 11 kg ini di masukkan di kolam yang akan dipancing bersama-sama sampai batas waktu yang telah di tentukan atau ikan habis, kalau batas waktu di tentukan satu jam ya sampai waktu satu jam selesai dan seterusnya.

Setelah permainan pertama ini selesai kepuasan apa yang di rasakan oleh para pemancing yang jelas selama memancing satu jam tadi adalah ada yang merasa puas dan ada yang merasa tidak puas yang merasa puas pasti orang yang mendapat ikan lele paling banyak

Dan yang tidak puas adalah orang yang mancing  hanya mendapatkan lele paling sedikit

maka tidak jarang WOUL akan di teruskan lagi bahkan hinga ber kali atau ber jam-jam

Lalu bagai mana hubungannya dengan pemilik kolam pancing kalau misalnya WOUL ini akan ter ulang hingga 4 x dalam waktu 1 malam maka pemilk kolam pancing akan mendapatkan untung sangat banyak

 COBA KITA HITUNG.
Dalam waktu satu kali WOUL dengan jumlah 20 orang pemancing dengan woul per orang RP 10 000,. Sama denga RP 10000x 20=RP 200 000.jadi uang woul terkumpul RP 200 000, sedangkan harga kulaan I kg ikan lele pancing RP 14.000,. Jadi setiap 1kg ikan lele pemilik kolam mendapat keuntungan sebesar RP 4000x11kg= Rp 44 000

Jadi dalam waktu 1x woul dapat keuntungan sebesar RP 44.000,. Semalam di hitung hanya 4 x woul pemilik kolam sudah mendapat keuntungan sebesar RP 176.000,.

Keuntungan lain yang bisa didapat dari bisnis kolam pancing berupa  :
  • memanfaatkan sisa-sisa ikan dari woul yaitu dengan cara menyewakan kolam pada siang hari dengan tarip RP 5000,./jam untuk satu orang
  • mendirikan warung kopi atau nasi di dekat lokasi
  • menjual asesoris atau alat-alat pancing
  • memanfaatkan lahan parkir

Hasil  memanfaatkan efek samping dari kolam pancing ini sudah lebih dari cukup untuk membayar atau biaya operasionalnya.


 Usaha butuh keberanian kalo mau sukses


3 comments:

  1. yang difoto itu iwan kan? ini pemilik pemancingan di atas?

    ReplyDelete
  2. Thanks informasinya, http://tokoumpan.com

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi website resmi kami http://bit.ly/2NbLl5k

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KANSAI NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Firman
Proudly powered by Blogger